terminal ↠ 21 februari 2020

Shortcut Keyboard Terminal GNU/Linux

Bekerja dengan terminal lebih cepat dan efisien.

Sampurasun.

Shortcut atau pintasan pastinya membantu Anda untuk bekerja lebih cepat dan efisien terlepas dari apa pun tools yang Anda gunakan. Misalnya saat sedang mengedit berkas darpida memilih seluruh teks menggunakan mouse, Anda dapat menggunakan shortcut CTRL + A untuk memilih seluruh teks yang ada. Lebih cepat, bukan?

Sama halnya dengan terminal GNU/Linux. Ada beberapa shortcut keyboard yang harus Anda ketahui dan kuasai untuk mempermudah saat bekerja dengan terminal.

Keterangan

Sebelum memulai, saya akan menyebutkan bahwa beberapa shortcut yang akan dijelaskan pada tulisan ini mungkin tergantung pada Shell yang Anda gunakan. Bash merupakan shell yang paling populer, digunakan sebagai default shell pada kebanyakan distribusi GNU/Linux. Oleh karena itu list shortcut yang akan saya jelaskan pada tulisan ini berfokus pada Bash. Atau sebut saja Bash shortcut.

Perlu di ingat bahwa dalam tulsan ini saya akan menggunakan huruf kapital untuk menuliskan shortcut namun Anda tidak diharuskan menekan tombol shift saat penggunaan nya.


1. Tab

Shortcut ini sangat wajib diketahui pengguna GNU/Linux. Ini akan sangat membantu Anda menghemat waktu saat menggunakan terminal.

Mulailah mengetikan perintah, nama file, atau direktori lalu tekan tab. Entah itu akan langsung menyelesaikan apa yang Anda ketik, atau menampilkan hasil yang mungkin cocok dengan apa yang sedang Anda ketik. Cobalah.

2. Ctrl + C

Untuk menghentikan proses yang sedang berjalan gunakan kombinasi ctrl+c. Ini akan menghentikan segera proses yang sedang berjalan di latar depan atau foreground.

Mengehentikan proses dengan menutup paksa terminal merupakan kebiasaan yang kurang efektif. Gunakanlah shortcut ini.

3. Ctrl + Z

Untuk menjalankan perintah di latar belakang atau background Anda dapat menambahkan karakter ‘&’ di akhir baris. Namun jika Anda melupakan hal tersebut, gunakanlah shortcut ini untuk mengirim proses yang sedang berjalan ke latar belakang.

4. Ctrl + D

Dapat dibilang shortcut ini sama dengan perintah ‘exit’, ketika Anda menekan kombinasi ini seketika terminal yang sedang Anda gunakan akan tertutup.

Contoh nya saat Anda login melalui TTY, ketika kombinasi ini ditekan otomatis Anda akan ter-log out dan kembali ke prompt login.

5. Ctrl + L

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan perintah ‘clear’ bukan? yaitu sebuah perintah untuk menghapus atau mengosongkan terminal yang penuh dengan output dari perintah yang sebelumnya Anda jalankan. Anda juga dapat mencapai hal yang sama dengan shortcut ini.

6. Ctrl + A

Shortcut ini akan memindahkan kursor ke awal baris.

Misalnya Anda mengetikan perintah cukup panjang yang memerlukan akses superuser namun setelah diperiksa kembali Anda lupa memasukan sudo di awal baris, daripada menggunakan arrow untuk mundur per-karakter yang mana cukup memakan waktu, Anda dapat menggunakan kombinasi ini untuk langsung memindahkan kursor ke awal baris.

7. Ctrl + E

Kombinasi ini merupakan kebalikan dari CTRL+A, artinya CTRL+E akan memindahkan kursor ke akhir baris.

Jika pada keyboard Anda terdapat tombol Home dan End, Anda juga dapat menggunakan nya. Home sama dengan CTRL+A dan End sama dengan CTRL+E.

8. Ctrl + U

Jika Anda salah mengetikan perintah, daripada menggunakan backspace untuk menghapus perintah tersebut, gunakan shortcut ini untuk menghapus seluruh ketikan Anda dari tempat kursor berdiri sampai awal baris.

9. Ctrl + K

Shortcut ini hampir mirip dengan CTRL+U, hanya saja daripada menghapus dari tempat kursor berdiri sampai awal baris, CTRL+K akan menghapus dari tempat kursor berdiri sampai akhir baris.

10. Ctrl + W

Dengan shortcut ini Anda dapat menghapus satu kata dari sebelum kursor. Jika posisi kursor berada pada kata itu sendiri, shortcut ini akan menghapus seluruh karakter dari sebelum kursor sampai awal kata.

Silahkan coba praktekan untuk lebih memahami shortcut ini.

11. Ctrl + Y

Shortcut ini akan menempel(paste) atau mengembalikan teks yang sebelumnya Anda hapus menggunakan CTRL+W, CTRL+U, dan CTRL+K.

Gunakan shortcut ini jika Anda salah menghapus teks.

12. Ctrl + P

Untuk melihat perintah yang sebelumnya Anda jalakan, gunakan shortcut ini. Anda dapat menekan kombinasi ini berkali-kali untuk melihat perintah-perintah yang sebelumnya pernah Anda jalankan.

Hal yang sama juga dapat dicapai menggunakan tombol arrow up atau PgUp.

13. Ctrl + N

Jika Anda menggunakan CTRL+P untuk melihat perintah sebelumnya, CTRL+N akan menampilkan perintah selanjutnya atau terbaru. Shortcut ini sama dengan tombol arrow down atau PgDn.

Penutup

Itulah beberapa shortcut keyboard terminal GNU/Linux. Sebetulnya masih banyak shortcut yang tersedia, namun kali ini saya hanya menjelaskan shortcut yang paling sering digunakan. Beri tahu saya shortcut favorit Anda yang tidak disebutkan pada list di atas melalui kolom komentar.

Hatur Nuhun.


Memuat...
Disqus